Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP Sosiologi Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2017

RPP Sosiologi Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2017
RPP Sosiologi Kurikulum 2013 Kelas 10 Revisi 2017. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP Bermata pelajaran Sosiologi dan ditujukan untuk kelas 10 , tentunya RPP Sosiologi ini sudah memenuhi kriteria dan ketentuan yang berlaku sekarang yaitu revisi 2017 dan kurikulum 2013.

RPP Sosiologi ini sudah saya konversikan ke format doc agar bapak ibu guru dapat lebih mudah dalam mengeditnya kembali

Berikut rincian materi yang terdapat pada buku contoh RPP Sosiologi Kelas 10 Revisi 2017 Kurikulum 2013 yang dijadikan sumber atau bahan pembuatan RPP yaitu diantaranya sebagai berikut:

Fungsi Sosiologi Untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat'
Individu, kelompok dan hubungan sosial
Ragam gejala sosial dalam masyarakat
Metode Penelitian Sosial

Pratinjau/Gambaran RPP Sosiologi
A. Kompetensi inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian bahasa Indonesiapada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian sosiologi
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Memahami pengetahuan dasar
Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
yang berfungsi mengkaji gejala sosial
di masyarakat.

3.1.1 Menjelaskan fungsi Sosiologi untuk mengenali
gejala sosial di masyarakat
3.1.2 Menjelaskan sosiologi sebagai ilmu sosial
3.1.3 Menganalisis realitas sosial sebagai obyek kajian
3.1.4 Menganalisis kehidupan sosial sebagai objektivitas
3.1.5 Mengidentifikasi gejala sosial (tindakan individu,
tindakan kolektif, pengelompokkan sosial,
interaksi antar individu dan kelompok sosial dalam
kehidupan masyarakat)

4.1 Menalar suatu gejala sosial di
lingkungan sekitar dengan
menggunakan pengetahuan sosiologis

4.1.1 Mencatat suatu gejala sosial di lingkungan sekitar
dengan menggunakan pengetahuan sosiologis

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode
mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama
dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
 Menjelaskan pengertian sosiologi
 Menjelaskan fungsi sosiologi
 Menjelaskan konsep dasar sosiologi
 Mendeskripsikan gejala sosial
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun,
percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif),
serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Fakta:
 tindakan individu, tindakan kolektif, pengelompokkan sosial, interaksi antar individu dan
kelompok sosial dalam kehidupan masyarakat
b. Konsep
 Menjelaskan fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat
 Menjelaskan sosiologi sebagai ilmu sosial
c. Prinsip
 Masyarakat Sebagai Sistem Sosial
 Kebudayaan sebagai Hasil Karya Manusia
d. Prosedur
 Mengidentifikasi gejala sosial (tindakan individu, tindakan kolektif, pengelompokkan sosial,
interaksi antar individu dan kelompok sosial dalam kehidupan masyarakat)

2. Materi pembelajaran remedial
 Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta
didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai
KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
 Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian
Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
 Perbedaan Pendekatan Fungsional dan Konflik.
3. Materi pembelajaran pengayaan
 Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang
dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi
Dasar.
 Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
 Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
 Peserta didik diminta menganalisis berbagai langkah dalam penelitian ilmiah yang mudah
disusun
 Merumuskan Masalah
 Meninjau Kepustakaan
 Merumuskan Hipotesis
 Merencanakan Desain Penelitian
 Mengumpulkan data sesuai dengan desain penelitian
 Menganalisis data
 Menarik Kesimpulan

E. Metode Pembelajaran
 Pendekatan : Scientific Learning
 Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
 Metode : Ceramah, Diskusi dan Penugasan
F. Media/alat,Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
 Media LCD projector,
 Laptop,
 Bahan Tayang
2. SumberBelajar
 Buku teks pelajaran yang relevan
 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Sosiologi (Pemintan)
kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran Sosiologi (Peminatan)
kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Selengkapnya unduh)


Semoga dengan adanya contoh RPP Sosiologi Kelas 10 Revisi 2017 Kurikulum 2013 S1,2 ini bisa membantu memudahkan segala kegiatan bapak ibu guru di sekolah, terimakasih.