Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP Sosiologi Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1,2

RPP Sosiologi Kelas 11 Kurikulum 2013  Revisi 2017 Semester 1,2
RPP Sosiologi Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1,2 Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP Bermata pelajaran Sosiologi dan ditujukan untuk kelas 11 , tentunya RPP Sosiologi ini sudah memenuhi kriteria dan ketentuan yang berlaku sekarang yaitu revisi 2017 dan kurikulum 2013.

RPP Sosiologi ini sudah saya konversikan ke format doc agar bapak ibu guru dapat lebih mudah dalam mengeditnya kembali

Dimana Setiap guru pada satuan pendidikan wajib menyusun RPP secara lengkap dan sistematis sebagai langkah awal dari proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan efisien dalam rangka mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi. RPP disusun berdasarkan serangkaian KD yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Penyusunan RPP ini dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.

Berikut materi yang terdapat pada buku contoh RPP Sosiologi Kelas 11 Revisi 2017 Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut
Pembentukan kelompok sosial
Permasalahan sosial dalam masyarakat
Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial
Konflik, kekerasan, dan perdamaian
Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan

Pratinjau/Gambaran RPP Sosiologi
A. Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Memahami pengelompokan
sosial di masyarakat dari sudut
pandang dan pendekatan
Sosiologis

3.1.1 Mengamati proses pembentukan kelompok sosial
di masyarakat
3.1.2 Menganalisis Dasar-dasar pembentukan kelompok
3.1.3 Mengidentifikasi Berbagai bentuk kepentingan
dimasyarakat
3.1.4 Mengidentifikasi jenis kelompok-kelompok
kepentingan di masyarakat
3.1.5 Menganalisis Karakteristik khusus atau
partikularisme dan eksklusivisme kelompok

4.1 Menalar tentang terjadinya
pengelompokan sosial di
masyarakat dari sudut
pandang dan pendekatan
Sosiologis

4.1.1 Mengasosiasikan Terjadinya pengelompokan sosial
di masyarakat.
4.1.2 Mendiskusikan tentang terjadinya pengelompokan
sosial di masyarakat dari sudut pandang dan
pendekatan Sosiologis
4.1.3 Mempresentasikan hasil diskusi tentang
pembentukan kelompok sosial

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
 Mengetahui proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat
 Menjelaskan Dasar-dasar pembentukan kelompok
 Mengidentifikasi Berbagai bentuk kepentingan dimasyarakat
 Mengidentifikasi jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat
 Menganalisis Karakteristik khusus atau partikularisme dan eksklusivisme kelompok
Fokus nilai-nilai sikap
 Peduli
 Jujur berkarya
 Tanggung jawab
 Toleran
 Kerjasama
 Proaktif
 Kreatif
D. Materi Pembelajaran

1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Fakta:
 Partikularisme
 Eksklusivisme
b. Konsep
 Kesatuan genealogis merupakan kelompok-kelompok sosial yang terbentuk atas
dasar persamaan darah dan keturunan. Diawali dari terbentuknya keluarga batih
kemudian berkembang menjadi keluarga besar hingga pada akhirnya berkembang
menjadi kerabat. Melalui proses yang sangat panjang kerabat-kerabat ini akan
membentuk kelompok-kelompok suku bangsa dalam kuantitas yang kecil,
menengah hingga kelompok suku bangsa yang besar.
 Kesatuan religius merupakan kelompok sosial yang terbentuk atas dasar persamaan
agama atau kepercayaan tertentu. Melalui kesamaan agama atau kepercayaan inilah
terbangun komunikasi dan kerjasama yang erat antara anggota yang tersebar di
dalam lingkungan negara, benua, bahkan seluruh penjuru dunia.
c. Prinsip
 Mengamati proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat, Menganalisis
Dasar-dasar pembentukan kelompok, Mengidentifikasi Berbagai bentuk
kepentingan dimasyarakat, Mengidentifikasi jenis kelompok-kelompok kepentingan
di masyarakat dan Menganalisis Karakteristik khusus atau partikularisme dan
eksklusivisme kelompok
d. Prosedur
 Mendiskusikan tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut
pandang dan pendekatan Sosiologis
 Mempresentasikan hasil diskusi tentang pembentukan kelompok sosial

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi dn Penugasan
F. Media Pembelajaran
1. Media/alat, Bahan Pembelajaran
a. Media LCD projector,
b. Laptop,
c. Bahan Tayang (ppt)
2. Sumber Belajar
a. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Sosiologi
(Pemintan) kelas XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran Sosiologi
(Peminatan) kelas XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
c. Modul/bahan ajar,
d. internet,
e. Sumber lain yang relevan (Selengkapnya unduh link dibawah ini)


Semoga dengan adanya RPP sosiologi di atas bisa membantu dan memnudah kan bapak ibu guru dalam membuat atau merancang RPP, terimakasih semoga bermanfaat.