Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP IPA Kelas 7 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Terbaru

RPP IPA Kelas 7 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Terbaru

RPP IPA Kelas 7 Revisi 2017 Kurikulum 2013. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP yang bermata pelajaran IPA untu kelas 7 dan tentunya RPP ini sudah memenuhi syarat dan kurikulum 2013.

Berikut rincian materi dan gambaran RPP yang terdapat pada contoh RPP IPA Kelas 7 Revisi 2017 Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut
  • Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan pengamatannya, Pengukuran besaran Pokok dan Turunan, Satuan baku dan tak baku
  • Klasifikasi Makhluk hidup dan benda tak hidup, Ciri-ciri makhluk hidup, Klasifikasi makhluk hidup ,Pengenalan mikroskop
  • Zat dan Karakteristiknya ,Zat Padat, Cair dan Gas, Unsur Senyawa, dan Campuran, Sifat fisika dan kimia, Perubahan fisika dan kimia
  • Suhu dan Kalor ,Suhu ,Alat pengukur suhu, Pemuaian Kalor ,Perpindahan kalor, Kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
  • Energi, Bentuk-bentuk energy, Sumber energi, Perubahan bentuk energi, Transformasi energi dalam sel, Fotosintesis, Respirasi
  • Sistem Organisasi Kehidupan, SelJaringan Organ, Sistem organ, Organisme
  • Sistem Organisasi Kehidupan, Sel, Jaringan Organ ,Sistem organ, Organisme
  • Makhluk Hidup dan Lingkungan, Interaksi antaratan makhluk hidup dan lingkungan, Dinamika populasi
  • Pencemaran Lingkungan, Pencemaran udara, Pencemaran air, Pencemaran tanah, Dampak pencemaran bagi ekosistem
  • Perubahan Iklim, Penyebab terjadinya perubahan iklim , Dampak perubahan iklim bagi ekosistem
  • Lapisan Bumi dan Bencana, Lapisan bumi, Gunung api, Gempa bumi dan tsunami, Tindakan tanggap bencana
  • Tata Surya, Sistem tata surya, Karakteristik anggota tata surya, Matahari sebagai bintang, dampak rotasi dan revolusibumi bagi kehidupan di bumi, Gerhana bulan dan matahari, Terjadinya pasang surut
Dan Berikut Gambaran RPP IPA Kelas 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Materi Pokok : Objek IPA dan Pengamatannya
Alokasi Waktu : 15 JP (6 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Menerapkan konsep pengukuran
berbagai besaran yang ada pada diri
sendiri, makhluk hidup lain, dan
benda-benda di sekitar serta
pentingnya penggunaan satuan standar
(baku) dalam pengukuran.

3.1.1 Menjelaskan 3 keterampilan proses
penyelidikan IPA
3.1.2 Menjelaskan Kegunaan mempelajari IPA
3.1.3 Meyebutkan objek yang di pelajari IPA
3.1.4 Menjelaskan pengertian pengukuran
3.1.5 Menyebutkan hal yang dapat di ukur (bukan
besaran
3.1.6 Membandingkan satuan baku dan tidak baku
3.1.7 Memahami kegunaan satuan baku dalam
pengukuran
3.1.8 Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem
Internasional)
3.1.9 Menjelaskan pengertian besaran pokok
3.1.10 Menyebutkan macam-macam besaran pokok
beserta satuanya
3.1.11 Menjelaskan pengertian besaran turunan
3.1.12 Menyebutkan macam-macam besaran
turunan beserta satuanya

4.1 Menyajikan data hasil pengukuran
dengan alat ukur yang sesuai pada diri
sendiri, makhluk hidup lain, dan
benda-benda di sekitar dengan
menggunakan satuan tak baku dan
satuan baku

4.1.1 Menyajikan hasil pengatamatan, inferensi,
dan mengkomunikasikan hasil
4.1.2 Melakukan pengukuran dengan satuan baku
4.1.3 Melakukan pengukuran besaran-besaran
panjang, massa, waktu dengan alat ukur
yang sering di jumpai dalam kehidupan
sehari-hari
4.1.4 Melakukan pengukuran besaran-besaran
turunan sederhana yang sering di jumpai
dalam kehidupan sehari-hari

C. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1. Peserta Didik dapat menjelaskan tiga komponen keterampilan proses/metode ilmiah penyelidikan IPA
(pengamatan, inferensi, dan komunikasi) berdasarkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.
2. Peserta Didik dapat menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
3. Peserta Didik dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
Pertemuan Kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat: Selengkapnya udnuh pada link dibawah ini...

Unduh RPP IPA Kelas 7 Revisi 2017 Kurikulum 2013

Demikianlah tentang contoh RPP IPA Kelas 7 Revisi 2017 Kurikulum 2013 Terbaru ini, semoga bermanfaat.