Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP Matematika Kelas 12 Revisi 2017 Kurikulum 2013

RPP Matematika Kelas 12 Revisi 2017 Kurikulum 2013
RPP Matematika Kelas 12 Revisi 2017 Kurikulum 2013. Pada malam hari ini saya akan membagikan RPP Matematika untuk kelas 12 dan tentunya RPP Matematika ini sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku sekarang.

Ada berbagai kegiatan persiapan yang wajib dilakukan guru Matematika sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari membaca buku-buku referensi untuk memperluas wawasan, mengidentifikasi sumber-sumber belajar yang relevan, dan menentukan langkah-langkah pembelajaran, sampai dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP

Berikut ini saya bagikan materi dan gambaran RPP Matematika sebagai berikut.

Materi
  • Geometri Ruang
  • Statistika
  • Kaidah Pencacahan
  • Peluang Kejadian Majemuk (Peluang Kejadian-Kejadian Saling Bebas, Saling Lepas, Dan Kejadian Bersyarat) Dari Suatu Percobaan Acak
Gambaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Bentuk Linear Satu Variabel
Kelas/Semester : 10/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 12 JP (3 Pertemuan)

A. Kompetensi inti

KI SPIRITUAL (KI 1) DAN KI SOSIAL (KI 2)

Kompetensi Sikap Spiritual yang ditumbuhkembangkan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik,
yaitu berkaitan dengan kemampuan menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Sedangkan pada Kompetensi Sikap Sosial berkaitan dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
kerjasama, responsive (kritis),pro-aktif (kreatif) dan percaya diri, serta dapat berkomunikasi dengan
baik.
KI PENGETAHUAN (KI 3) KI KETERAMPILAN (KI 4)
KI3: Kompetensi Pengetahuan, yaitu memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah

KI4: Kompetensi Keterampilan, yaitu Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Mengintepretasi persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak dari
bentuk linear satu variabel dengan
persamaan dan pertidaksamaan
linear Aljabar lainnya.

3.1.1 Menjelaskan definisi nilai mutlak
3.1.2 Menjelaskan konsep persamaan nilai mutlak bentuk
linear satu variabel
3.1.3 Menjelaskan konsep pertidaksamaan nilai mutlak
bentuk linear satu variabel
3.1.4 Membedakan persamaan dan pertidaksamaan nilai
mutlak dari bentuk linear satu variabel
3.1.5 Menjelaskan tahapan menggambar sketsa grafik
persamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu
variabel
3.1.6 Menjelaskan tahapan membuat garis bilangan
pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu
variabel
3.1.7 Menjelaskan hubungan antara bentuk
3.1.8 Menjelaskan sifat-sifat dari pertidaksamaan nilai
mutlak bentuk linaer satu variabel
3.1.9 Menjelaskan strategi/tahapan penyelesain persamaan
nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel
3.1.10 Menjelaskanstrategi/tahapan penyelesaian
pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu
variabel
3.1.11 Menjelaskan strategi/tahapan penyelesain persamaan
nilai mutlak dari bentuk linear satu variabeldengan
persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar
lainnya.
3.1.12 Menjelaskan strategi/tahapan penyelesaian
pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu

variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear Aljabar lainnya.

4.1 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak dari
bentuk linear satu variabel

4.1.1 Membuat model matematika dari permasalahan
berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan
nilai mutlak bentuk linear satu variabel
4.1.2 Merumuskan penyelesaian persamaan nilai mutlak
bentuk linear satu variabel dengan persamaan linear
aljabar lainnya
4.1.3 Merumuskan penyelesaian pertidaksamaan nilai
mutlak bentuk linear satu variabel dengan
pertidaksamaan linear aljabar lainnya
4.1.4 Membuat sketsa grafik persamaan nilai mutlak
berdasarkan masalah
4.1.5 Menggambar daerah penyelesaian pertidaksamaan
nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan
pertidaksamaan bentuk linear aljabar lainnya
4.1.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu
variabel
4.1.7 Menyelesaikan masalahyang berkaitan dengan
pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu
variabel
4.1.8 Membuat contoh permasalahan dan penyelesaiannya
berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan
nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode
mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama
dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
 Menjelaskan definisi nilai mutlak
 Menjelaskan konsep persamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
 Menjelaskan konsep pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
 Membedakan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel
 Menjelaskan tahapan menggambar sketsa grafik persamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel
 Menjelaskan tahapan membuat garis bilangan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel
 Menjelaskan hubungan antara bentuk
 Menjelaskan sifat-sifat dari pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linaer satu variabel
 Menjelaskan strategi/tahapan penyelesain persamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel
 Menjelaskanstrategi/tahapan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel
 Menjelaskan strategi/tahapan penyelesain persamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabeldengan
persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya.
 Menjelaskan strategi/tahapan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel
dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya.
 Menunjukkan variabel dari permasalahan berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
bentuk linear satu variabel dari permasalahan
 Membuat model matematika dari permasalahan berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan nilai
mutlak bentuk linear satu variabel
 Merumuskan penyelesaian persamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel dengan persamaan linear
aljabar lainnya
 Merumuskan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel dengan
pertidaksamaan linear aljabar lainnya
 Membuat sketsa grafik persamaan nilai mutlak berdasarkan masalah
 Menggambar daerah penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan
pertidaksamaan bentuk linear aljabar lainnya
 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel
 Menyelesaikan masalahyang berkaitan dengan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu
variabel
 Membuat contoh permasalahan dan penyelesaiannya berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan
nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun,
percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif),
serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.....


Semoga dengan adanya misal RPP Matematika Kelas 12 Revisi 2017 Kurikulum 2013 ini dapat membantu segala pekerjaan bapak ibu guru disekolah, terimakasih semoga bermanfaat.